Sabtu, 15 Oktober 2011

Akupunktur Kurang Efektif Hentikan Kebiasaan Merokok

Berikut adalah info tentang Akupunktur Kurang Efektif Hentikan Kebiasaan Merokok. Bagi anda yang mempunyai kebiasaan merokok, Sebaiknya anda menghentikan kebiasaan buruk itu. Karena didalam rokok terdapat banyak racun yang bisa merugikan kesehatan. Banyak cara menghentikan kebiasaan merokok dengan berbagai terapi. Namun terapi Akupuntur dinilai kurang efektif dalam menghentikan kebiasan merokok. Berikut info selengkapnya tentang Akupunktur Kurang Efektif Hentikan Kebiasaan Merokok.

Jakarta, Ada berbagai cara yang bisa dilakukan seseorang untuk berhenti merokok. Tapi studi terbaru menunjukkan akupunktur kurang efektif dalam membantu seseorang berhenti merokok.

Akupunktur adalah terapi tradisional China yang menggunakan jarum untuk menstimulasi titik-titik tertentu di dalam tubuh. Teknik ini bekerja terhadap konsep energi kehidupan yang dikenal sebagai Qi atau Chi.

Metode akupunktur sebelumnya digunakan untuk mengurangi gejala putus nikotin (withdrawal nicotine) yang umumnya dialami oleh seseorang ketika mencoba untuk berhenti merokok, terutama pada pecandu rokok berat.

Studi sebelumnya telah menyarankan akupunktur bisa mengurangi gejala penarikan diri dari nikotin. Perawatan ini dengan cara memasukkan jarum di telinga bagian luar atau bagian tubuh lain selama 15-20 menit dan diulang beberapa hari kemudian.

Namun hasil meta analisis terhadap 13 studi yang dilakukan oleh White dan rekan dari Peninsula Medical School, Universities of Exeter and Plymouth, Inggris mengungkapkan hasil efektifitas dari akupunktur ini tergantung pada lokasi titik yang dipilih, seperti dikutip dari MedIndia, Jumat (14/10/2011).

Para ahli akhirnya melakukan uji acak untuk membandingkan akupunktur, terapi laser dan terapi lain yang digunakan untuk berhenti merokok. Hasilnya peneliti tidak menemukan bukti yang konsisten bahwa akupunktur, acupressure atau terapi laser bisa membantu menghentikan kebiasaan merokok.

Hal ini menunjukkan bahwa terapi akupunktur mungkin menjadi kurang efektif dalam membantu seseorang berhenti merokok dibanding dengan terapi lain yang berbasis bukti seperti terapi penggantian nikotin (nicotine replacement therapy/NRT).

Meski begitu peneliti mengungkapkan melakukan akupunktur mungkin lebih baik daripada tidak melakukan apa-apa, setidaknya untuk membantu dalam jangka waktu pendek. Namun studi selanjutnya diperlukan untuk mengetahui titik-titik tubuh mana yang bisa efektif membantu hentikan kebiasaan merokok.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Powered by Blogger