Senin, 22 Februari 2010

Gift yang tidak jelas di facebook

semua tahu sendiri situs jejaring sosial ini (facebook:red) sudah sangat mewabah di Indonesia terutama dikalangan anak muda belakangan ini. sangking besarnya animo masyarakat terhadap facebook, situs ini menempati peringkat satu situs paling banyak diakses di indonesia mengalahkan google.co.id (sumber alexa.com).

semakin hari fitur2 yang di hadirkan dalam facebook pun semakin beragam mulai dari games, fasilitas sosial, kartu ucapan, hadiah/gift, dan lainya, ini dikarenakan facebook memberi kebebasan kepada pihak ketiga untuk mengembangkan konten mereka. persaingan pun terjadi terhadap konten/aplikasi yang terdapat dalam facebook, sehingga memunculkan nama2-namabesar seperti zynga, playfish dan lainnya.

disamping itu banyak aplikasi-aplikasi yang tidak berkembang atau bisa dibilang tidak laku yang bertaburan di situs ini, shingga tidak jarang juga muncul pemberitahuan yang menyerupa wall/dinding yang berisi kiriman dari teman kita padahal bukan, melainkan menyuruh kita untuk memasuki aplikasi tersebut, ini juga bisa dikatakan menggangu pengguna facebook, walaupun tidak secara langsung.

yang sedang membanjir sekarang ini adalah aplikasi yang menyediakan gift-gift gratis bagi para pengguna yang bisa saling mengirimkan dengan sangat mudah. gift-gift ini mulai bermunculan beberapa bulan belakangan yang secara langsung dapat merusak tampilan dan tatanan wall kita, walaupun tidak mengganggu aktivitas kita menggunakan facebook, namun apabila dalam jangka waktu tertentu kita tidak menggunakan facebook hampir dipastikan akan ada orang yang mengirimkan gift tersebut.

gambar dibawah menunjukan pengguna sudah lama tidak mengakses facebook (klik untuk memperbesar)



terlihat dari ggambar diatas bahwa wall/dinding dari halaman facebook seorang user sudah dipenuhi oleh gift-gift yang mungkin dikirim oleh orang yang tidak dikenal, dan ada beberapa yang dikirim ulang oleh orang yang sama. sekilas kita tidak terlalu ambil peduli dengan ini tetapi lama kelamaan disaat teman kita semakin banyak, maka semakin besar pula gift-gift tersebut akan bermunculan dan mulai mengganggu pandangan kita. saya saja pernah dikirimi lebih dari 10 gift dalam waktu kurang dari 1 jam dan dikirim oleh orang yang sama, lalu apa yang saya lakukan, saya langsung menegur orang tersebut, dia berhenti sementara, kemudian mengulanginya kembali, lalu saya tegur lagi, dan akhirnya dia berhenti mengirimkannya.

beberapa aplikasi yang saya klik merupakan aplikasi kecil yang kurang laku dan tidak begitu menarik, hanya sesaat saja kita dapat tertari kedalamnya dan tidak berfikir untuk kembali lagi.

yang saya bingung kenapa orang begitu senang mengirimkan banyak gift yang tidak jelas juga tidak disertai dengan sebuah pesan singkat sebagai alasan pengiriman gift dan mereka melakukanya berulang-ulang, apa karena iseng mencoba-coba hal baru di facebook karena tidak ada lagi yang dikerjakan (menurut saya facebook juga hanya itu2 saja) membuatnya tampak lebih eksis seperti orang kebanyakan. satu lagi kemungkinan yaitu mesin yang secara otomatis mengirimkan gift secara acak ataupun tidak kepada teman, bagi user yang telah masuk dan menyetujui penggunaan aplikasi tersebut. sehingga gift akan terkirim berulang-ulang tetapi tidak konsisten melainkan dalam jangka waktu tertentu, sehingga tidak terdeteksi oleh facebook.

hanya asumsi saya,,

bagaimana pendapat anda tentang wabah gift yang GeJe ini??


1 komentar:

....siEmbok...... mengatakan...

HAHHAHHAHHAHHA......

AK sangaaaaaaat terganggu ma gift2 gak jelaaaaas itu.. manaaa pke dikomentari2 sgalaaa...

gakpentingg ah..
Nel main ke blog ak

Posting Komentar

 
Powered by Blogger