Selasa, 14 Desember 2010

Rahasia Agar Rambut Sehat


Banyak orang melakukan perawatan hanya berdasarkan perkiraan, dan mengira permasalahannya pada batang rambut. Padahal problema rambut tak hanya sebatas batang rambut.

Meski problema yang terlihat dari dua orang bisa saja sama, namun permasalahan utamanya belum tentu demikian. Akibatnya, treatment yang dilakukan tak selalu berhasil untuk orang lainnya. Misalnya, ada yang menganggap rambut kering disebabkan oleh ketombe. Padahal rambut kering bisa disebabkan oleh hal lain. Atau masalah rambut rontok, banyak yang melakukan perawatan untuk rambut rontok, padahal tanpa disadari masalahnya berada pada kulit kepala yang sensitif. Mencoba memberi pelayanan lebih menyeluruh dan tuntas, Johnny Andrean Salon meluncurkan konsep perawatan yang dinamakan Johnny Andrean Treatment Series. Langkah-langkah perawatannya adalah:

Diagnosa Rambut
Di rangkaian perawatan ini, pengunjung akan didiagnosa permasalahan rambut dan kulit kepala menggunakan alat diagnosa berupa kamera untuk melihat kondisi kulit kepala dan kondisi rambut. Melalui hasil diagnosa rambut dan kulit kepala ini, akan diketahui lebih lanjut apa masalah utama rambut. Terapis profesional Johnny Andrean juga dapat mendiagnosa masalah dengan cara manual, seperti menggunakan kertas tisu, menerawang kelenturan rambut, dan dengan berbagai cara lainnya. Setelah diteliti masalah rambutnya, akan diketahui perawatan apa yang paling tepat untuk kulit kepala atau batang rambutnya. Tak hanya diagnosa, pengunjung juga bisa bertanya-tanya kepada sang terapis mengenai permasalahan rambut dan perawatan yang sebaiknya mereka lakukan.

Pencucian Rambut
Diperlukan untuk membuang kotoran, agar produk yang diaplikasikan menyerap sempurna ke kulit kepala dan batang rambut.

Aplikasi Produk
Pemilihan produk disesuaikan dengan kondisi kulit kepala dan batang rambut. Pengaplikasian dilakukan dengan pijatan khusus untuk menyempurnakan penyerapan produk ke akar dan batang rambut.

Proses Relaksasi
Pada tahap ini, terapis akan memberikan servis pijatan yang menenangkan dan mengendurkan syaraf di kepala, leher, pundak, dan tangan.

Proses Steaming
Berfungsi untuk memaksimalkan penyerapan dan proses perbaikan produk yang diaplikasikan pada akar dan batang rambut. Steaming menggunakan steam ozon yang tidak panas, bahkan di bagian akhir akan diberikan udara dingin untuk menutup kembali pori-pori.

Pembilasan
Rambut dibilas dan dicuci bersih untuk dikeringkan. Pada tahap ini, produk yang telah diserap kulit kepala dan batang rambut masih bekerja dari dalam.

Aplikasi Vitamin
Setelah dikeringkan, rambut akan diberi vitamin sesuai dengan masalahnya masing-masing. Tahap ini sangat penting bagi rambut, karena vitamin yang diberikan dapat menjaga dan memaksimalkan proses perbaikan rambut yang masih bekerja dari dalam. Proses ini juga berfungsi untuk mengembalikan kesehatan serta memberikan nutrisi yang dibutuhkan bagi rambut.

Johnny Andrean menggunakan produk-produk dari L’Oreal (Paris) dan Matrix (Amerika) yang memiliki bahan dasar alami serta dapat menunjang proses perawatan di salon ataupun di rumah. Pilihan produk ini disesuaikan dengan kebutuhan rambut dan selera dari masyarakat. Produk perawatan ini bersifat alami, lembut bagi kulit kepala dan batang rambut, serta ramah lingkungan. Harga yang ditawarkan mulai Rp 42.000,- (tergantung dari kondisi kulit kepala dan treatment yang dilakukan, belum termasuk cuci-blow). Perawatan ini bisa dilakukan di 150 gerai Johnny Andrean Salon mulai 1 Maret 2009 lalu.

Masalah Rambut dan Solusinya
Perawatan dan produk yang ditawarkan terdiri atas perawatan untuk kulit kepala dan perawatan untuk batang rambut, tergantung dari masalah rambut yang didapati.

Berikut adalah permasalahan pada rambut dan kulit kepala:
Masalah pada batang rambut:
- Rambut normal
- Rambut kering
- Rambut rusak (patah dan bercabang)
- Rambut yang diwarnai
- Rambut yang di-smoothing (pelurusan)

Masalah pada kulit kepala:
- Kulit kepala normal
- Kulit kepala sensitif
- Kulit kepala berketombe
- Kulit kepala berminyak

Solusi dan perawatan untuk batang rambut dan kulit kepala:
Perawatan untuk batang rambut:
- Essential Masque/Essential Therapy
- Dry Masque/Dry Therapy
- Repair Masque/Repair Therapy
- Color Masque/Color Therapy
- Smooth Masque/Smooth Therapy

Perawatan untuk kulit kepala:
- Anti Hairloss Therapy
- Anti Dandruff Spa/Anti Dandruff Therapy
- Anti Oily Therapy
- Refresh Spa/Refresh Therapy


Berikut ini tip dari tradisi Ayurveda yang berumur 5.000 tahun mengenai keindahan dan kesehatan rambut:

1. Mulailah dengan mengatur makanan. Pilih makanan yang mengandung sayuran hijau dan buah manis. Produk susu dan yogurt juga baik untuk rambut. Demikian juga dengan kelapa.

2. Hindari makanan olahan atau kalengan. Ayurveda mengatakan bahwa makanan dengan pengawet buatan dan bahan kimia tambahan tidak akan memberi manfaat gizi untuk tubuh dan badan. Minuman dingin juga mengganggu proses pencernaan dan asimilasi zat gizi.

3. Bumbu seperti lada hitam bermanfaat untuk kesehatan rambut. Tambahkan bumbu ini ke dalam sup atau masakan lain.

4. Hindari stres karena dapat berakibat serius dalam jangka panjang dan mempengaruhi warna rambut. Cobalah atur waktu dan tugas untuk meminimisasi tekanan. Lakukan rileksasi/meditasi.

5. Jauhi produk kimia keras yang dapat merusak rambut. Cari sampo dan kondisioner alami dan lembut, terutama bila Anda mencuci rambut tiga kali seminggu.

6. Pijat kulit kepala dengan minyak kelapa atau minyak zaitun untuk menstimulasi dan memberi kelembaban kulit kepala.

7. Jangan sisir rambut dengan sikat ketika rambut basah.


sumber
http://kesehatan.kompas.com/read/2010/01/01/21051111/7.Rahasia.Agar.Rambut.Sehat
http://www.sripoku.com/view/7797/kenali_masalah_rambut_yang_sebenarnya

1 komentar:

cachy mengatakan...

MAlem, saya mau tanya
Rambut saya rontok parah, saya sudah ganti-ganti shampo u/ rambut rontok tapi malah tambah parah
baiknya gi mana ya biar rambut saya berkurang rontoknya..??

Posting Komentar

 
Powered by Blogger