Rabu, 12 Januari 2011

Kuku : uraian dan kesehatan


PERNAHKAH Anda menyadari warna kuku terlihat aneh? Kebanyakan dari kita sesekali menghadapi masalah kuku, maka Anda tak perlu panik. Tetapi jika kuku Anda secara konsisten terlihat aneh, ini dapat menjadi indikator masalah kesehatan dan ada baiknya diperiksakan ke dokter.

Simak tujuh sinyal coba disampaikan kuku terhadap kesehatan Anda, seperti diulas Allwomenstalk.

Kuku berwarna pucat
Seiring bertambahnya usia, warna kuku menjadi lebih terang, pink pucat dibanding saat kita remaja. Namun, kuku yang tiba-tiba pucat daripada sekian pekan ke belakang, juga dapat menunjukkan lebih banyak masalah serius, seperti anemia, jantung, atau penyakit hati.

Kuku berwarna kuning
Jika kuku Anda berwarna kekuningan, bisa berarti kuku Anda terlalu lama memakai cat kuku atau Anda mengalami infeksi jamur. Tenang, kebanyakan infeksi jamur kuku dapat dengan mudah diobati.

Kuku berwarna kebiruan
Kuku berwarna kebiruan biasanya menunjukkan masalah dengan oksigen dalam tubuh, paling sering menyebabkan penyakit paru-paru atau diabetes. Hal ini juga bisa berarti Anda hanya kedinginan.

Kuku berlubang
Pernahkah Anda melihat lubang kecil di kuku Anda? Sering kali, hanya karena Anda melukai kuku saat tumbuh. Tapi jika lubang tersebut banyak, ini bisa menjadi tanda awal psoriasis atau bahkan arthritis.

Kuku pecah dan terbelah
Jika kuku Anda selalu retak, terbelah, atau lapisannya mengelupas, ini bisa menjadi indikasi yang cukup jelas dari penyakit tiroid. Tes untuk mengetahui gejala sangat disarankan.

Kuku bengkak dan kutikula berwarna merah
Jika kutikula dan kuku Anda berwarna merah dan bengkak, ini dapat menjadi indikator lupus, gangguan jaringan ikat, atau penyakit lainnya. Juga, bisa berarti Anda telah melukai kutikula dengan remover cat kuku beralkohol keras.

Warna biru-hitam atau ungu-hitam pada garis di bawah kuku
Ini bisa merupakan masalah serius, karena biasanya merupakan indikator kanker kulit melanoma. Sangat disarankan untuk Anda segera memeriksakan diri ke dokter, karena deteksi dini melanoma dapat berarti perbedaan antara hidup dan mati.

Cara merawat kuku agar tetap terlihat cantik:

Menjaga kekuatan dan kelembapan kuku
Kuku setiap orang mungkin berbeda. Ada yang memiliki kuku yang kuat tetapi ada pula kuku yang rapuh dan mudah patah. Kuku akan semakin rapuh apabila sering terkena sabun, detergen, atau sering berada di dalam ruangan AC. Untuk mengatasi masalah ini, oleskan pelembab pada kuku Anda agar kuku menjadi lebih kuat.

Membersihkan kuku
Kuku yang cantik tentu harus bersih. Untuk membersihkan kuku, dapat dilakukan dengan merendam kuku dalam air hangat yang dicampur dengan perasan air jeruk nipis. Rendam tangan atau kaki selama kurang lebih 15 menit. Air hangar dapat membuat kulit di sekitar kuku menjadi lunak sehingga mudah untuk dibersihkan, khususnya pada daerah pinggir kuku yang sering dimasuki kotoran.

Potong kuku
Jangan biarkan kuku dalam ukuran yang terlalu panjang. Kuku yang terlalu panjang terkesan tidak terawat dan tidak rapi. Kuku yang panjang juga memudahkan masuknya kotoran dan kuman-kuman penyakit yang bisa saja masuk ke dalam tubuh pada saat kita makan. Tetapi, jangan pula memotong kuku terlalu pendek yang dapat menyebabkan luka.

Pilih gunting kuku yang tajam agar tidak perlu berulang-ulang memotongnya. Jangan tarik kuku jika belum terpotong sempurna. Menarik kuku dapat melukai jari dan jari yang terluka memudahkan kuman penyakit masuk ke dalamnya. Biarkan gunting kuku yang menyelesaikan tugasnya sampai kuku benar-benar terpotong.

Jangan lakukan pekerjaan keras dengan kuku
Menggosok benda keras menggunakan kuku atau membuka benda-benda keras menggunakan kuku selain dapat merusak kuku juga dapat menyebabkan luka pada daerah sekitar kuku. Sebaiknya gunakan benda-benda lain yang sesuai pada saat melakukan perkerjaan-pekerjaan berat ini. Mencuci pakaian, mencuci piring atau memeras kain pel, dan terlalu sering terkena air panas mungkin dapat merusak kuku Anda karena terkena sabun dalam melakukan kegiatan tersebut. Jika memungkinkan, pakailah sarung tangan ketika melakukan kegiatan ini.

Stop kebiasaan merusak
Kebiasaan mengorek kuku dengan kuku lain atau menggigit kuku merupakan kebiasaan yang dapat merusak penampilan kuku. Mengorek kuku dapat menyebabkan luka pada ujung jari sehingga merusak penampilan. Sedangkan menggigit kuku dapat menyebabkan sakit perut akibat kuman-kuman penyakit yang ada pada kuku masuk ke dalam mulut.

Perkuat dan percantik kuku dari dalam
Salah satu cara mudah untuk memperindah dan menguatkan kuku dari dalam adalah dengan memperbanyak minum air putih. Konsumsi air putih membantu agar kuku tidak kering. Sedangkan untuk memperkuat kuku dapat dilakukan dengan mengkonsumsi makanan yang mengandung kalsium atau dengan meminum susu.

Gunakan pewarna kuku dan penghapusnya dengan seimbang
Salah satu cara mempercantik kuku adalah dengan menggunakan pewarna kuku. Ini memang akan membuat kuku terlihat cantik dan menarik. Tetapi, menggunakan pewarna kuku atau kuteks terlalu lama dapat membuat warna kuku berubah menjadi kekuningan. Begitu juga jika Anda terlalu sering menggunkan cairan penghapus kuku atau nail polish remover akan menghilangkan warna kuku asli kuku yang mengkilap dan membuat kuku menjadi kering.

Untuk mencegah hal ini, sebaiknya tidak setiap saat menggunakan kuteks. Biarkan selama beberapa waktu kuku beristirahat dengan tidak diwarnai. Ketika akan menghapus pewarna kuku, gunakan kapas yang telah dibasahi nail polish remover digunakan tidak dengan cara digosok-gosokan pada kuku, tetapi cukup dengan diusapkan sekali atau dua kali. Semakin sedikit menggosok dapat mencegah warna kusam pada kuku.

Dari kuku dapat terlihat apakah orang tersebut benar-benar menjaga kesehatan atau tidak. Bila kuku kita bersih insyaAllah dapat menambah rasa percaya diri kita dan tubuh pun terhindar dari kuman-kuman dan berbagai macam penyakit. Untuk itu, menjaga kebersihan kuku menurut saya adalah sangat penting dan sama pentingnya ketika kita ingin hidup kita lebih sehat setiap saat. Semoga, perkara yang sangat kecil dan relatif sangat tidak diperhatikan ini bisa kita coba lebih diperhatikan lagi dan semoga kemudian dicatat sebagai wujud salah satu amal baik kita untuk selalu bersyukur atas nikmat sehat yang diberikan cuma-cuma oleh Allah SWT.

Oleh karena itu, mari kita simak tips berikut ini:
1. Bagi seorang perempuan pada umumnya, penggunaan pewarna kuku merupakan salah satu bagian dari fesyen atau daya tarik tersendiri yang akan mengangkat rasa percaya diri. Tapi menggunakan pewarna kuku terus menerus juga tidak baik karena dapat membuat kuku terlihat kuning dan rapuh. Untuk itu, biasakan untuk tidak menggunakan pewarna kuku sehari dalam seminggu agar kuku Anda dapat beristirahat.

Bagi seorang akhwat, sangat tidak dianjurkan menggunakan pewarna kuku kecuali hanya untuk ditujukan buat suaminya dan itu pun biasanya dengan pewarna kuku yang tidak permanen atau bersifat temporal, misalnya kita mengenal pewarna alami dari daun pacar cina atau pacar mekkah atau yang sejenis dan dari segi thaharah pun itu masih ditolerir jika memang tidak menghalangi meresapnya air ke dalam pori-pori kuku ketika berwudhu atau mandi hadas besar.

2. Agar kuku menjadi kuat dan tidak gampang patah, gunakanlah belimbing sayur dan gosok-gosokkan di dasar kuku. Dapat juga direndam ke dalam cuka apel dan minyak zaitun yang sudah dihangatkan.

3. Terbiasa melakukan pekerjaan rumah tangga dapat membuat kuku dan tangan menjadi kasar. Untuk melembutkan tangan, rendamlah tangan kita ke dalam jus jeruk yang telah dicampur madu selama 10 menit.

4. Untuk menghapus noda pada kuku, rendamlah tangan ke dalam air hangat yang telah diberikan air jeruk nipis selama 15-20 menit. Karena air jeruk mengandung astringent yang dapat menghilangkan warna kusam pada kuku.

5. Pertumbuhan kuku tangan setiap minggunya sekitar 0,5-1,5 mm yaitu empat kali lebih cepat daripada pertumbuhan kuku kaki. Untuk itu, usahakan agar kuku tangan kita tetap pendek untuk mengeliminir masuknya kuman-kuman atau bibit penyakit berlebihan melalui kuku.

6. Untuk mencegah kuku dari kekeringan dan terutama khusus buat akhwat atau perempuan pada umumnya, berikanlah krim khusus untuk kuku dan jangan menggunakan penghapus pewarna kuku yang mengandung bahan kimia.

7. Tidak hanya perawatan dari luar, untuk menjaga kesehatan kuku dapat juga dilakukan dengan minum susu secara rutin dan bila memungkinkan bisa setiap hari. Karena susu mengandung kalsium tinggi yang berguna untuk menjaga kuku agar tetap kuat. Apabila kuku kita bersih, kesehatan kita pun akan lebih terjamin.

sumber:
http://zensudarno.wordpress.com/2007/07/20/tips-merawat-kuku/
http://lifestyle.okezone.com/read/2010/12/31/195/408979/deteksi-kesehatan-lewat-kuku
http://kumpulan.info/cantik/tips-kecantikan/37-tips/313-kuku-cantik.html

1 komentar:

Aurora Ribero mengatakan...

SELAMAT ANDA MENDAPATKAN UNDANGAN RESMI DARI SUMOQQ.ORG Kunjungi skrg Live Chat nya u/Info lbh Lanjut,Dan Dapatkan Jutaan Rupiah Dengan Cuma-Cuma BBM : D8ACD825
Daftarkan Segera ID Hokimu Di SumoQQ.ORG ! WinRate Terbesar Untuk Semua Permainan Kartu Anda ! Min Depo Cuma 15RB !
Pin BBM : D8ACD825

Posting Komentar

 
Powered by Blogger